Friday, April 30, 2010

Belanda, anak Indonesia mana yang tak ingat dengan kau?



Sebuah pertanyaan singkat yang dipilih menjadi judul tulisan ini. Pertanyaan yang akan dikupas abis disini. Selamat membaca.

Belanda, sebuah negara kecil yang berada di Eropa bagian barat laut dengan luas daerah 41,526 km2, sebuah luas yang hanya 2.1 % dibandingkan luas Indonesia yaitu 1,904,569 km2. But, satu fakta yang wajib diinget, meskipun dari segi ukuran jauh lebih kecil dibandingkan bangsa kita, dalam kemampuan wah jangan ditanya deh, kolonialisme di Indonesia selama 3,5 abad adalah salah satu bukti kekuasaanya.

Gimana ga tau nih sejarah, dari kelas 4 SD sampe SMA, dari namanya IPS sampe lebih spesifik, Sejarah, kita uda didoktrin sama guru-guru tercinta tentang masalah ini, masalah kolonialisme Belanda yang selama 3,5 abad menguras kekayaan negara kita.

Mungkin kisah penjajahan ini banyak meninggalkan bekas di bangsa ini, baik positif maupun negatif, baik itu menyakitkan hingga yang menyisakan manfaat. Ya itu pasti ada jika disini kita menceritakan apa yang disebut sejarah, sesuatu yang telah terjadi di masa lalu. Namun disini, gw ga akan membahas yang buruk-buruk mengenai negara kincir angin ini. Gw mau cerita dikit mengenai perkembangan yang negara ini lakukan.

Mendengar nama Belanda, gw sebagai anak Indonesia tulen pasti akan bilang "Mantan Penjajah Indonesia yang Paling Betah", hehe ya mengingat lamanya dia menetap di negara ini, 3,5 abad bok, tak heran jika ada beberapa bagian bangsa ini yang berkaitan erat dengan Belanda. Sebagai contoh, banyak kosakata Belanda yang akhirnya diserap menjadi bahasa negara kita, seperti asbak, andil, pispot, baskom dan sebagainya yang mungkin bisa dilihat disini.

Yang gw heranin itu, koq bisa dengan luas sekecil itu negara ini mampu menjajah negara yang belasan kali lipat dari meraka. Apa sih yang mereka punya? hmph, pertanyaan ini dapat gw terjawab setelah gw baca-baca di Wikipedia, sebuah kamus online bagi gw, yang menyebutkan bahwa keberhasilan Belanda sudah tampak sejak dulu. Sejak dimana ia berhasil menjadi salah satu negara penguasa ekonomi dan penjelajah laut yang mahir pada abad ke 17. Indonesia menjadi negara jajahannya dibawah VOC (Vereeinigde Oost-Indische Compagnie) dan WIC (West-Indische Compagnie ) dua organisasi perdagangan milik pribadi.

Itu baru kenyataan pada abad 17, trus sekarang mereka ngapain???masihkah mereka berjaya seperti beberapa abad yang lalu???Jawabannya "masih", fakta masih dari sumber yang sama menyebutkan bahwa ekonomi Belanda, maju dan terbuka yang mana pemerintahan telah mengurangi peranannya dalam mengawal ekonomi Belanda sejak 1980-an.

Pada abad ke-19 yang tepatnya pada tahun 1940, Belanda ditaklukkan oleh Nazi yang kemudian memaksanya membunuh lebih dari 100000 Yahudi di negara itu. Posisi ini membuat perekonomian Belanda jauh merosot dan dinilai lamban. Namun ini tak bertahan lama, Setelah dibebaskan oleh Perkumpulan Bersenjata pada abad ke-21 (The 21st Centry Army Group), Belanda terus melaju mengejar ketinggalannya.

Aksi ini dibuktikan dengan disibukkannya negara ini dengan usahanya dalam pemrosesan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, dan pembuatan mesin listrik. Walaupun sektor pertaniannya hanya menyediakan peluang pekerjaan kurang dari 4% populasi, Belanda mampu menghasilkan kelebihan dalam industri makanan untuk diekspor. Belanda menduduki urutan ketiga dalam daftar pengekspor makanan, setelah Amerika Serikat dan Perancis. Wow, what a great recognition is that!!!

Lalu,, kalau ditanya apa aku pengen ke negara itu, jawabannya kembali "ya"...aku pengen bangett ke negara ini, negara yang mayoritas adalah lautan, tapi di dam alias ditimbun dengan tanah...

Hufth, meskipun tulisan ini sangat dadakan aku buat, aku berharap aku masih memiliki kesempatan demi mewujudkan harapanku untuk ke negara tulip ini. Fiuhh, setidaknya aku hanya mau terus mencoba, maaf karna telah menyia-nyiakan mu...aku berharap masi ad kesempatan yang tersisa untukku...

Belanda, aku pengen banget mendarat di negara mu. aku pengen menjadikan negaramu sebagai negara pertama yang berhasil kupijak untuk perjalananku mengelilingi dunia ini...Amin...:)

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

kompetiblog
tulisanku

2 comments:

"RD" ardhianto said...

Interesting article. Terutama judulnya :)

saya juga ada artikel tentang Belanda di:

http://compostplace.blogspot.com/2010/04/windmill-for-bantar-gebang.html

Ayu said...

makasi, tapi itu artikel yang belum komplit. Masi banyak yang harus ditulis, tapi karna mengejar deadline lomba, jadi ya seperti itu...
Saya pengen banget ke Belanda, n I hope later on it will become true...:)
wah ntar saya coba baca deh...mkasi ya..:)

There was an error in this gadget

Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Home Interiors