Friday, April 30, 2010

Belanda, anak Indonesia mana yang tak ingat dengan kau?



Sebuah pertanyaan singkat yang dipilih menjadi judul tulisan ini. Pertanyaan yang akan dikupas abis disini. Selamat membaca.

Belanda, sebuah negara kecil yang berada di Eropa bagian barat laut dengan luas daerah 41,526 km2, sebuah luas yang hanya 2.1 % dibandingkan luas Indonesia yaitu 1,904,569 km2. But, satu fakta yang wajib diinget, meskipun dari segi ukuran jauh lebih kecil dibandingkan bangsa kita, dalam kemampuan wah jangan ditanya deh, kolonialisme di Indonesia selama 3,5 abad adalah salah satu bukti kekuasaanya.

Gimana ga tau nih sejarah, dari kelas 4 SD sampe SMA, dari namanya IPS sampe lebih spesifik, Sejarah, kita uda didoktrin sama guru-guru tercinta tentang masalah ini, masalah kolonialisme Belanda yang selama 3,5 abad menguras kekayaan negara kita.

Mungkin kisah penjajahan ini banyak meninggalkan bekas di bangsa ini, baik positif maupun negatif, baik itu menyakitkan hingga yang menyisakan manfaat. Ya itu pasti ada jika disini kita menceritakan apa yang disebut sejarah, sesuatu yang telah terjadi di masa lalu. Namun disini, gw ga akan membahas yang buruk-buruk mengenai negara kincir angin ini. Gw mau cerita dikit mengenai perkembangan yang negara ini lakukan.

Mendengar nama Belanda, gw sebagai anak Indonesia tulen pasti akan bilang "Mantan Penjajah Indonesia yang Paling Betah", hehe ya mengingat lamanya dia menetap di negara ini, 3,5 abad bok, tak heran jika ada beberapa bagian bangsa ini yang berkaitan erat dengan Belanda. Sebagai contoh, banyak kosakata Belanda yang akhirnya diserap menjadi bahasa negara kita, seperti asbak, andil, pispot, baskom dan sebagainya yang mungkin bisa dilihat disini.

Yang gw heranin itu, koq bisa dengan luas sekecil itu negara ini mampu menjajah negara yang belasan kali lipat dari meraka. Apa sih yang mereka punya? hmph, pertanyaan ini dapat gw terjawab setelah gw baca-baca di Wikipedia, sebuah kamus online bagi gw, yang menyebutkan bahwa keberhasilan Belanda sudah tampak sejak dulu. Sejak dimana ia berhasil menjadi salah satu negara penguasa ekonomi dan penjelajah laut yang mahir pada abad ke 17. Indonesia menjadi negara jajahannya dibawah VOC (Vereeinigde Oost-Indische Compagnie) dan WIC (West-Indische Compagnie ) dua organisasi perdagangan milik pribadi.

Itu baru kenyataan pada abad 17, trus sekarang mereka ngapain???masihkah mereka berjaya seperti beberapa abad yang lalu???Jawabannya "masih", fakta masih dari sumber yang sama menyebutkan bahwa ekonomi Belanda, maju dan terbuka yang mana pemerintahan telah mengurangi peranannya dalam mengawal ekonomi Belanda sejak 1980-an.

Pada abad ke-19 yang tepatnya pada tahun 1940, Belanda ditaklukkan oleh Nazi yang kemudian memaksanya membunuh lebih dari 100000 Yahudi di negara itu. Posisi ini membuat perekonomian Belanda jauh merosot dan dinilai lamban. Namun ini tak bertahan lama, Setelah dibebaskan oleh Perkumpulan Bersenjata pada abad ke-21 (The 21st Centry Army Group), Belanda terus melaju mengejar ketinggalannya.

Aksi ini dibuktikan dengan disibukkannya negara ini dengan usahanya dalam pemrosesan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, dan pembuatan mesin listrik. Walaupun sektor pertaniannya hanya menyediakan peluang pekerjaan kurang dari 4% populasi, Belanda mampu menghasilkan kelebihan dalam industri makanan untuk diekspor. Belanda menduduki urutan ketiga dalam daftar pengekspor makanan, setelah Amerika Serikat dan Perancis. Wow, what a great recognition is that!!!

Lalu,, kalau ditanya apa aku pengen ke negara itu, jawabannya kembali "ya"...aku pengen bangett ke negara ini, negara yang mayoritas adalah lautan, tapi di dam alias ditimbun dengan tanah...

Hufth, meskipun tulisan ini sangat dadakan aku buat, aku berharap aku masih memiliki kesempatan demi mewujudkan harapanku untuk ke negara tulip ini. Fiuhh, setidaknya aku hanya mau terus mencoba, maaf karna telah menyia-nyiakan mu...aku berharap masi ad kesempatan yang tersisa untukku...

Belanda, aku pengen banget mendarat di negara mu. aku pengen menjadikan negaramu sebagai negara pertama yang berhasil kupijak untuk perjalananku mengelilingi dunia ini...Amin...:)

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia

kompetiblog
tulisanku

Saturday, April 17, 2010

SISTEM INFORMASI KEUANGAN




I. Pengertian

Dalam susunan kata Sistem Informasi Keuangan, terdapat kata keuangan yang menjadi pokok yang dibahas, diolah dan disajikan datanya dari sistem ini, namun apa sebenarnya pengertian dari Keuangan itu sendiri?

Menurut Ridwan.S Sunjaja dan Inge Berlian, keuangan merupakan ilmu dan seni dalam mengelola uang yang mempengaruhi kehidupan seorang dan setiap organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, lembaga, pasar dan instrument yang terlibat dalam transfer uang diantara individu maupun antara bisnis dan pemerintah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa segala hal yang berhubungan dengan prosedur mengelola uang dari kehidupan seseorang dan suatu organisasi, disebut sebagai Keuangan. Ditambahkan lagi, bahwa kegiatan yang tercakup di dalam keuangan diantaranya ialah mengidentifikasikan kebutuhan uang yang akan datang, membantu pengelolaan dana yang ada, hingga mengontrol penggunaan dana tersebut.

Setelah mengetahui dan memahami makna kata keuangan itu sendiri sekarang kita akan masuk pada Sistem Informasi Keuangan. Sistem Informasi Keuangan adalah sistem informasi yang dirancang untuk menyediakan informasi kepada orang atau kelompok (user)baik di dalam maupun di luar perusahaan mengenai arus keuangan serta permasalahannya di perusahaan tersebut. Informasi yang diberikan dalam sistem ini disajikan berupa laporan khusus, laporan periodik, hasil dari simulasi komputasi, saran dari sistem, dan komunikasi elektronik.



Komponen-komponen yang terdapat di dalam Sistem Informasi Keuangan meliputi:

1.Komponen Input
Komponen Input Sistem Informasi Keuangan (finansial) diantaranya adalah:

a. Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen. Sistem Informasi Manajemen digunakan oleh pihak manajemen dalam menjalankan bisnis perusahaan. Sehingga Sistem Informasi Akuntansi dalam hal ini juga sebagai sumber informasi yang berguna dalam mencapai tujuan perusahaan yang terangkum dalam Sistem Informasi Manajemen. Data akuntansi berperan penting dalam Sistem Informasi Keuangan, hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

- Catatan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan
- Catatan dibuat untuk setiap transaksi (menjelaskan apa, kapan, siapa, berapa)
- Sistem Informasi Akuntansi merupakan satu-satunya komponen input yang terdapat
pada seluruh sistem informasi fungsional.

b. Komponen Audit Internal, merupakan badan yang melaksanakan aktivitas internal auditing, berusaha untuk menyempurnakan dan melengkapi setiap kegiatan dengan penilaian langsung atas setiap bentuk pengawasan untuk dapat mengikuti perkembangan dunia usaha yang semakin kompleks. Subsistem Audit Internal dirancang secara khusus untuk melakukan studi khusus mengenai operasi perusahaan.
Terdapat dua jenis auditor yaitu auditor eksternal yang biasa terdapat pada perusahaan kecil, dan auditor internal yang biasanya dimiliki oleh perusahaan besar. Terdapat 4 kegiatan dasar di dalam komponen Audit Internal, yaitu:

- Keuangan, yaitu kegiatan menguji keakuratan dari catatan perusahaan dan merupakan jenis kegiatan yang dilakukan oleh auditor eksternal.

- Operasional, yaitu kegiatan memeriksa efektivitas prosedur. Kegiatan ini dilakukan oleh analis sistem selama tahap analisis siklus hidup sistem.

- Kesesuaian, yaitu kegiatan yang merupakan lanjutan dari kegiatan operasional. Audit kesesuaian akan berlanjut terus, sehingga prosedur di perusahaan akan terus berjalan dengan baik.

- Rancangan Sistem Pengendalian Internal, yaitu kegiatan yang merupakan rencana untuk pelaksanaan audit-audit agar dapat berjalan lebih baik.
c.Komponen Intelijen Keuangan, komponen ini mengumpulkan data dari masyarakat keuangan yaitu bank, agen pemerintah, pasar pengaman dan sebagainya. Komponen ini memonitor denyut nadi ekonomi nasional dan memberikan informasi kepada eksekutif perusahaan dan analisis keuangan mengenai trend yang dapat mempengaruhi perusahaan. Berperan untuk digunakan mengidentifikasikan sumber-sumber terbaik modal tambahan dan investasi terbaik. Informasi yang diperoleh berasal dari beberapa pihak antara lain:

1)Informasi pemegang saham, contoh: Laporan tahunan atau triwulan.

2)Informasi Masyarakat Keuangan.

3)Pengaruh lingkungan pada arus uang (Pemerintah Pusat dan Daerah)

2.Komponen Output

Komponen Output Sistem Informasi Keuangan (finansial) diantaranya adalah:

a. Sistem Peramalan, yaitu kegiatan matematis tertua dalam bisnis, dimana pada komponen Peramalan memproyeksikan aktivitas perusahaan untuk jangka waktu sepuluh tahun atau lebih. Aktivitas tahun yang akan datang terutama dipengaruhi oleh permintaan pasar dan hambatan internal seperti kapasitas produksi, dan keuangan yang ada. Bila jangka waktu peramalan tersebut panjang, maka pengaruh lingkungan meningkat.

Ada tiga fakta dasar dalam pemikiran peramalan:
(1) Semua peramalan merupakan proyeksi dari masa lalu
(2) Semua peramalan terdiri dari keputusan semistruktur
(3) Tidak ada teknik peramalan yang sempurna.

Sedangkan menurut jenisnya, peramalan dibagi menjadi dua, yaitu:
(1) Peramalan Jangka Pendek, adalah peramalah yang dilakukan oleh area fungsional (2) Peramalan Jangka Panjang, adalah peramalan yang dilakukan ol.eh suatu area selain pemasaran (suatu kelompok khusu yang hanya mempunyai tanggung jawab perencanaan)

Terdapat dua metode peramalan, yaitu:
(1) Metode peramalan nonkuantitatif, yaitu metode peramalan yang tidak melibatkan perhitungan data tetapi didasarkan pada penaksiran subyektif (contoh: Teknik consensus panel dan Metode Delphi)
(2) Metode Kuantitatif, yaitu metode peramalan yang melibatkan pembuatan suatu hubungan antara kegiatan yang akan diramal (variable terikat) dengan kegiatan lain (variable bebas) (contoh: regresi sederhana atau regresi bivariate dan Multivariate regression – paket statistik (IDA, SAS, SPSS))

b.Komponen Manajemen Dana, bertugas untuk mengelola arus keuangan, dan menjaganya agar tetap seimbang dan positif. Subsistem Manajemen Dana menggunakan proyeksi aktivitas perusahaan untuk menentukan arus uang keluar masuk perusahaan. Manajer dapat mensimulasi beberapa strategi yang dirancang untuk mencapai keseimbangan yang terbaik mengenai arus masuk dan keluar selama jangka waktu yang akan datang, misalnya waktu yang akan datang. Arus yang seimbang mengurangi kebutuhan yang tidak penting mengenai modal operasi pinjaman yang tidak diperlukan dan meningkatkan pendapatan dari dana yang telah diinvestasikan.

c.Komponen Pengendalian, yaitu kegiatan yang memudahkan manajer untuk menggunakan secara efektif semua sumber daya yang tersedia. Komponen ini terdiri atas program yang menggunakan data yang dikumpulkan oleh komponen pemroses data, guna untuk menghasilkan laporan yang menunjukkan bagaimana uang tersebut digunakan. Laporan itu biasanya membandingkan penampilan keuangan yang sebenarnya dengan anggaran. Komponen pengendalian memungkinkan manajer untuk mengontrol penggunaan anggaran.

Proses penganggaran:
- Pendekatan dari atas ke bawah
- Pendekatan dari bawah ke atas
- Pendekatan partisipasi

Penyusunan anggaran secara partisipasi: manajer pada berbagai tingkatan berunding mencapai anggaran yang memuaskan semua pihak.
Pendekatan menerima dan member.

Laporan Penganggaran:
Laporan anggaran yang akan dibuat di dalam komponen pengendalian terdiri atas anggaran operasi suatu unit seperti department atau divisi terdiri dari jumlah untuk setiap post pengeluaran dasar (gaji, telepon, sewa, perlengkapan, dst)

Laporan bulanan yang menunjukkan pengeluaran aktual dibandingkan dengan anggaran:
1.Anggaran bulan berjalan
2.Anggaran year-to-date

Secara keseluruhan, Sistem Informasi Keuangan menyediakan informasi yang menyangkut kedalam dua kegiatan, yaitu akuisisi uang/dana untuk berbagai operasi keuangan bisnis dan alokasi dan pengawasan sumber keuangan organisasi.

Sifat dari informasi yang terkandung di dalam Sistem Informasi Keuangan haruslah mengandung komponen di bawah ini:
- Relevan dan Materialitas
- Formal dan Substansi
- Tingkat Kepercayaan
- Bebas dari Bias
- Dapat Diperbandingkan
- Konsistensi
- Dapat Dipahami

Dalam Prakteknya, Sistem Informasi Keuangan itu terbagi atas 5 komponen/subsistem, yaitu:
- Requirement analysis
- Planning
- Cash Management
- Credit Management
- Capital expenditure system (sistem anggaran belanja Rumah Tangga (RT))

Referensi:
http://www.docstoc.com/docs/9099906/SISTEM-INFORMASI-KEUANGAN
http://www.docstoc.com/docs/25399521/Sistem-Informasi-Keuangan

Friday, April 9, 2010

ASIG 5 - TI Universitas Paramadina



Mengingat pentingnya peran teknologi dalam kehidupan masyarakat tekait dengan pertumbuhan perekonomian, serta persaingan yang ketat dari segala aspek kehidupan, telah membuka mata kita bahwa betapa pentingnya informasi pada era ini. Informasi bukan lagi sebagai komoditas yang dapat dikesampingkan namun telah menjelma menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) Universitas Paramadina menyelengarakan acara tahunan bernama ASIG 5 (Akses Internet Gratis 5) dengan tema EduTainment (Education and Entertainment). Program Studi Teknik Informatika pada setiap tahun melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang dinamakan AsIG (Akses Internet Gratis). Tahun ini merupakan tahun kelima kegiatan ini diadakan. Kegiatan ini merupakan kerja sama PSTI (Program Studi Teknik Informatika) dengan HIMA TI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika).

Pada dasarnya ASIG merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi SMA tentang teknologi informasi. Di dalam ASIG terdapat berbagai acara, salah satunya siswa-siswi SMA dapat menggunakan akses internet secara gratis di Universitas Paramadina. Serta terdapat berbagai permainan dan hadiah yang menarik di ASIG 5.

Futsal

Memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa tidak semua orang yang terjun kedunia IT adalah orang yang tidak mudah bergaul, tetapi juga orang yang punya motivasi hidup yang lebih menarik, yang dapat disalurkan dalam kegiatan olahraga, seperti futsal.

Dalam turnamen futsal kali ini, hadiah yang disediakan bagi para pemenang adalah:

Juara I: Rp.1.500.000,00
Juara II: Rp. 750.000,00
Juara III: Rp. 500.00,00
Top Score: Rp. 150.000,00
Live Music

Acara yang merupakan perpaduan antara ajang kompetisi band-band SMU dan artis-artis Band Musik Indonesia.

Acara ini terbuka untuk umum. Kompetisi Live Music ini bertujuan mamacu semangat karya anak dalam negeri dalam berkreatifitas dalam seni musik.

Hadiah yang dapat dimenangkan adalah:

Juara I: Rp. 750.000,00
Juara II: Rp. 500.000,00
Juara II: Rp. 250.000,00
Winning Eleven

Tournament ini diselenggarakan sebagai hiburan untuk para penggemar Sony Play Station 2

Point Blank

Sebuah online first person shooting game dengan tingkat realistik tinggi. Di dalamnya terdapat dua buah kubu yang akan saling berhadapan, kedua kubu tersebut adalah CT Force dan Free Rebels.

Itulah gambaran singkat dari point blank. Game ini bukan hanya sekedar game yang dimainkan, tetapi game ini bisa menjadi sebuah tantangan bagi Anda bila dimainkan di ASIG 5. Pertandingan Point Blank akan menjadi pertandingan yang seru dan rebutkanlah hadiah:

Juara I: Rp. 1.500.000,00
Juara II: Rp. 750.000,00
Juara III: Rp. 500.000,00
The best player: Rp. 150.000,00
3 On 3 Basketball

Memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa tidak semua orang yang terjun kedunia IT adalah orang yang tidak mudah bergaul, tetapi juga orang yang punya motivasi hidup yang lebih menarik, yang dapat disalurkan dalam kegiatan olahraga.

3 On 3 Basketball adalah permainan basket yang terdiri dari sebanyak 3 orang tiap tim. Persyaratan mengikuti 3 on 3 basketball adalah:

Siswa SMA/MA atau yang sederajat
Tiap tim terdiri dari 3 orang
Biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000,00 per tim.
Hadiah yang akan diberikan bagi pemenang adalah:

Juara I: Rp. 100.000,00
Juara II: RP. 750.000,00
Juara III: Rp. 500.000,00
The Best player: Rp. 150.000, 00
Acara ini akan diselenggarakan di Univesitas Paramadina pada Sabtu-Minggu, 1-2 Mei 2010.

Seminar

Seminar yang bertemakan Pornography ini diadakan untuk lebih menyadarkan kepada masyarakat luas, khususnya siswa dan siswi SMU, akan bahaya internet dan menggunakannya dengan tepat. Karena akan bahayanya internet yang sudah begitu bebas untuk mendapatkan informasi baik positif maupun negatif.

Contact Person

Resa: 085697744777
Wahyu: 02199529736


Diposting kembali dari http://www.facebook.com/event.php?eid=110987175597301 : Arief Tito

Friday, April 2, 2010

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)

I.Pengertian


Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah salah satu sistem informasi yang tergabung dalam CBIS (Computer Based Information System), yang merupakan sistem informasi yang berbasiskan teknologi komputer dalam pengimplementasian dan penggunaannya.
Menurut sebuah sumber, Sistem Informasi Akuntansi ialah sebuah sistem informasi yang bertugas mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finasial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern. Lain lagi dengan pengertian yang disampaikan Susilowati di dalam presentasinya yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi, dimana disebutkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi atau dapat disingkat dengan sebutan SIA ialah sebuah sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Akunting adalah sistem yang bertugas dalam menjalankan segala aktivitas mulai dari mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa hingga mengkomunikasikan data-data transaksi yang kemudian dirubah menjadi informasi yang lebih berguna untuk dapat digunakan kembali oleh pihak yang membutuhkan yang tentunya berhubungan dengan sistem perusahaan(baik pihak intern maupun ekstern).

Berikut lebih dijelaskan secara spesifik, siapa saja yang termasuk ke dalam dua pemakai yang akan menggunakan informasi akuntansi dari sebuah perusahaan itu ialah:
1.Pihak ekstern yang diantaranya meliputi pelanggan, supplier, pemegang saham (stakeholder), pegawai, pemberi pinjaman (sponsor), hingga instansi pemerintah.
2.Pihak intern, SIA menyiapkan informasi bagi manajemen dengan melaksanakan operasi-operasi tertentu atas semua data sumber yang diterimanya dan juga mempengaruhi hubungan organisasi perusahaan dengan lingkungan sekitarnya.
Pada Sistem Informasi Akuntansi, terdapat dua komponen yang saling terintegrasi satu sama lainnya. Dua komponen tersebut adalah: Spesialis Informasi dan Akuntan. Kedua komponen ini kemudian dapat merundingkan hasil analisa tersebut untuk dicari keputusan yang sesuai. Jadi dapat disimpulkan dengan Sistem Informasi Akuntansi dapat membantu departemen lain dalam mengambil keputusan.
Informasi yang dihasilkan oleh SIA dibedakan menjadi dua, yaitu:

-Informasi akuntansi keuangan, yaitu informasi yang berbentuuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak extern.
-Informasi Akuntansi Manajemen, informasi yang berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.
Di dalam Akuntansi Manajemen terdapat dua komponen yang digunakan bagi perencanaan dan pengendalian perusahaan, yaitu:
1.Sistem Akuntansi Biaya, digunakan untuk membantu manajemen dalam perencanaan dan pengawasan dari aktivitas pengadaan, proses distribusi dan penjualan.
2.Sistem Budgeting, ialah proyeksi keuangan perusahaan untuk masa depan yang bermanfaat untuk menolong manajer dalam perencanaan dan pengawasan.
Di dalam penerapan SIA, terdapat unsur-unsur yang dapat mempengaruhi sistem ini di dalam perusahaan:
1.Analisa Perilaku,
2.Metode Kuantitatif
3.Komputer
Karakteristik yang dimiliki oleh sistem informasi Akunting ini sedikit berbeda dengan subsistem CBIS lainnya. Adapun karakteristik unik yang dimiliki SIA yang membedakannya dengan CBIS lainnya adalah:
SIA melaksanakan tugas yang diperlukan
Berpegang pada prosedur yang relatif standar
Satu-satunya CBIS yang bertanggungjawab memenuhi kebutuhan informasi di luar perusahaan
Bertanggungjawab memenuhi kebutuhan informasi bagi tiap-tiap elemen lingkungan kecuali pesaing.
Menangani data yang lebih rinci
Berfokus Historis
Menyediakan informasi pemecahan masalah
Pengolahan data adalah suatu kegiatan memanipulasi atau mentransformasi simbol-simbol seperti angka atau abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya,
1.Pengumpulan data: Saat perusahaan menyediakan produk dan jasa lingkungan, tiap tindakan dijelaskan oleh catatan data. Jika tindakan tersebut melibatkan elemen lingkungan, maka disebut transaksi, karena itu timbullah istial pengolahan transaksi. Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi dari lingkungan perusahaan.
2.Manipulasi data, (data perlu dimanipulasi sebelum diubah menjadi informasi). Terdiri atas:
a.Pengklasifikasian: elemen – elemen data tertentu dalam catatan digunakan sebagai kode untuk dapat dipisahkan dan diklasifikasikan menurut aturan tertentu. Contoh: file rekap gaji karyawan akan disusun dan disimpan disatu tempat agar dapat mengidentifikasikan dan mengelompokan rekap gaji masing-masing karyawan, dengan mungkin mengelompokkannya berdasarkan elemen: NoMahasiswa
b.Pengaturan: catatan – catatan disusun sesuai urutan tertentu berdasarkan kode atau elemen data lain. Misalnya File catatan gaji disusun sehingga semua catatan untuk tiap pegawai terkumpul menjadi satu.
c.Penghitungan: Operasi Aritmatika dan logika dilaksanakan pada elemen-elemen data untuk menghasilkan elemen-elemen data tambahan. Dalam sistem penggajian biasanya upah per jam dikalikan dengan jam kerja untuk menghasilkan pendapatan kotor.
d.Pengikhtisaran: terdapat begitu banyak data yang perlu disintesis atau disarikan, menjadi bentuk total, sub total, rata-rata dan seterusnya.
e.Penyimpangan data
f.Penyiapan dokumen
Tugas Pengolahan data perusahaan dilaksanakan oleh Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang mengumpulkan dan menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi, serta menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun diluar perusahaan.

Gambar diatas ialah model dari Sistem Informasi Akuntansi. Elemen input, transformasi dan output dari sistem fisik perusahaan berada pada bagian bawah. Data dikumpulkan dari seluruh sistem fisik dan lingkungan, lalu kemudian dimasukkan ke dalam database. Perangkat lunak data mengubah data menjadi informasi untuk manajemen perusahaan serta untuk perorangan dan organisasi di lingkungan perusahaan.
Arus informasi ke lingkungan penting untuk dipahami. SIA adalah satu-satunya CBIS yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan informasi di luar perusahaan. SIA bertanggung jawab untuk menyediakan informasi bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing.

Sistem Informasi Akuntansi sangat diperlukan bagi pemakai akuntansi yaitu pihak ekstern dan pihak intern organisasi perusahaan. Kebutuhan para pemakai ekstren dapat dipenuhi dengan adanya publikasi laporan laba/rugi. Sedangkan para pemakai intern dapat memenuhi kebutuhan informasi akuntansinya untuk mencapai nilai ekonomis (laba) perusahaan semaksimal mungkin.

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi, diantaranya adalah:
1.Untuk mendukung operasi-operasi sehari-hari
2.Mendukung pengambilan keputusan manajemen
3.Untuk memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggungjawaban

Perbedaan Sistem Informasi Akuntansi dan Sistem Informasi Manajemen adalah:
SIA mengumpulkan, mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan.
SMI mengumpulkan, mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi


Referensi:
http://yudhiher.files.wordpress.com/2008/03/trans-sia-1klh_1.doc http://susilawati.files.wordpress.com/2007/09/sistem-informasi-akuntansi.ppt



Ayu Ramadhan M

29 Maret 2010

Website Statis, Dinamis, dan 2.0


Static Website adalah jenis website yang ketika user kunjungi, tampilannya tidak pernah berubah dan user tidak dapat berperan di dalamnya (baik itu mengedit tampilan, mengedit konten dan sebagainya) atau bisa dikatakan tidak ada interaksi antara user dengan user, karena memang web jenis ini hanya mengutamakan kepentingan satu pihak. Hal lain yang membedakan antara web statis dengan web lainnya adalah teknologi yang digunakan dalam pembuatan web, yaitu dengan menggunakan teknologi HTML, dimana isinya tidak dapat diubah kecuali dengan cara merubah langsung dari kode html-nya. Berikut contoh dari static website:
http://www.dealerpulsa.com/
http://peui.eng.ui.ac.id/
http://www.pertamina.com/

Dynamic Website adalah jenis website yang isinya selalu berubah-ubah/ up-to-date. Pada umumnya dengan website ini, user dapat berpartisipasi di dalamnya, baik itu memberikan komentar dalam postingan dan sebagainya. Pada umumnya website jenis dinamis ini banyak digunakan dalam membuat situs atau portal-portal berita, e-commerce, dan situs jejaring sosial. Dalam website ini user pun dapat berinteraksi dengan user-user lain. Berikut contohnya:
http://www.udaramaya.com
http://minimanimo.com/
http://www.airasia.com

Web 2.0 adalah jenis website terbaru yang dikembangkan sebagai media “dari user untuk user”, karena dengan website ini user benar-benar berperan penting sebagai penyempurna informasi di dalam website. Jadi dalam web 2.0 vendor atau developer memberikan kebebasan kepada user untuk melengkapi informasi yang ada di dalam web, atau bisa dikatakan bahwa developer memanfaatkan pengetahuan user secara kolektif untuk memperbaiki dan memperbaharui informasi di dalam web. Developer hanya memberikan wadah bagi user dan disini interaksi antar user jauh lebih besar. Dengan web 2.0 pun user juga dapat merancang dan membangun sebuah halaman website tanpa harus rumit-rumit dengan bahasa pemrogramannya. Teknologi yang ditawarkan web 2.0 lebih menekankan bentuk fasilitas situs jejaring sosial atau social networking antara penggunanya. Berikut contoh web 2.0:

http://www.youtube.com
http://www.hi5.com
http://www.facebook.com/

Ayu Ramadhan Mulia
208000024
(25 Februari 2010)

There was an error in this gadget

Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Home Interiors