Friday, April 2, 2010

Website Statis, Dinamis, dan 2.0


Static Website adalah jenis website yang ketika user kunjungi, tampilannya tidak pernah berubah dan user tidak dapat berperan di dalamnya (baik itu mengedit tampilan, mengedit konten dan sebagainya) atau bisa dikatakan tidak ada interaksi antara user dengan user, karena memang web jenis ini hanya mengutamakan kepentingan satu pihak. Hal lain yang membedakan antara web statis dengan web lainnya adalah teknologi yang digunakan dalam pembuatan web, yaitu dengan menggunakan teknologi HTML, dimana isinya tidak dapat diubah kecuali dengan cara merubah langsung dari kode html-nya. Berikut contoh dari static website:
http://www.dealerpulsa.com/
http://peui.eng.ui.ac.id/
http://www.pertamina.com/

Dynamic Website adalah jenis website yang isinya selalu berubah-ubah/ up-to-date. Pada umumnya dengan website ini, user dapat berpartisipasi di dalamnya, baik itu memberikan komentar dalam postingan dan sebagainya. Pada umumnya website jenis dinamis ini banyak digunakan dalam membuat situs atau portal-portal berita, e-commerce, dan situs jejaring sosial. Dalam website ini user pun dapat berinteraksi dengan user-user lain. Berikut contohnya:
http://www.udaramaya.com
http://minimanimo.com/
http://www.airasia.com

Web 2.0 adalah jenis website terbaru yang dikembangkan sebagai media “dari user untuk user”, karena dengan website ini user benar-benar berperan penting sebagai penyempurna informasi di dalam website. Jadi dalam web 2.0 vendor atau developer memberikan kebebasan kepada user untuk melengkapi informasi yang ada di dalam web, atau bisa dikatakan bahwa developer memanfaatkan pengetahuan user secara kolektif untuk memperbaiki dan memperbaharui informasi di dalam web. Developer hanya memberikan wadah bagi user dan disini interaksi antar user jauh lebih besar. Dengan web 2.0 pun user juga dapat merancang dan membangun sebuah halaman website tanpa harus rumit-rumit dengan bahasa pemrogramannya. Teknologi yang ditawarkan web 2.0 lebih menekankan bentuk fasilitas situs jejaring sosial atau social networking antara penggunanya. Berikut contoh web 2.0:

http://www.youtube.com
http://www.hi5.com
http://www.facebook.com/

Ayu Ramadhan Mulia
208000024
(25 Februari 2010)

2 comments:

Fathur Rohman said...

Sekarang udh nyampe web 2.0,,
ntar ada web 3.0 ga ya???

Ayu said...

kemungkinan tur,,,
kan ad fathur yang bakal ngembangin web 3.0 nya...:)

There was an error in this gadget

Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Home Interiors